Ada panggilan kerja tapi lagi kena kendala


Ini adalah cerita lanjutan dari postinganku yang sebelumnya ya terkait perjalananku mendapatkan pekerjaan. 

Jadi waktu itu HR menghubungi, tetapi aku sedang mengalami kendala dan akupun meminta waktu selama 1 minggu. Dikarenakan hujan badai yang membombardir tower BTS yang membuat aku kesulitan untuk mengakses internet. Mau ngakses internet aja sulit, gimana mau ikut interview coba.

Untung saja HR memberikan izin, disitu aku gelisah karena selain tentang pekerjaan akupun kesulitan untuk mengikuti kegiatan pelatihan pada saat itu. Sertifikat pelatihan cukup penting untuk memperbagus CV kita. Untungnya absensiku aman dan untuk tugas akhirnya diberi keringanan sehingga dapat diselesaikan.

Kembali ke pembahasan utama kita, jadi setelah beberapa waktu lagi akhirnya koneksi sudah pulih kembali normal, namun aku sudah merasa pasrah karena merasa tidak enak juga kan sudah meminta izin seperti itu. Namun sampai suatu hari aku mendapatkan berita bahwa aku diundang untuk lanjut ke tahap selanjutnya yaitu melakukan interview dengan User. Disitu aku merasa kaget dan bahagia, karena aku terbiasa dengan ghostingan setelah selesai melakukan test.

Sampailah di H-1 Interview User, rasanya aku sangat ketakutan karena ini adalah hal yang baru menurutku padahal aku sudah mencoba melakukan riset dan belajar tentang pertanyaan yang kira-kira akan disampaikan oleh User.

Kemudian pada Hari H aku berusaha untuk memberikan first impression yang baik dengan sedikit melakukan dandan. Memakai kemeja rapih, dan merapihkan rambut dengan minyak rambut tentunya agar tidak berantakan.

Sampai ketika dimulai aku memperkenalkan diri dengan metode-metode yang pernah kudapat dari sosial media, karena sekarang banyak sekali yang share ilmu terkait mendapatkan kerja (salah satunya kak Vina Maulina). Aku memperkenalkan nama, asal kampus, kemudian pengalaman yang aku punya (aku sebetulnya tidak punya pengalaman sebagai Programmer, melainkan yang kupunya ialah sebagai UI/UX Designer) tapi aku kaitkan dengan posisi yang aku lamar tentunya dari sisi kerjasama tim dan lain sebagainya.

Lalu setelah memperkenalkan diri, ternyata aku ditanya tentang teknisnya dong. Disitu aku agak kaget karna ga belajar banyak tentang Teknis sebagai backend developer di beberapa hari sebelumnya, namun aku usahakan menjawab sebisa saya dan tentunya tanpa mengecewakan Interviewernya juga ya!

Setelah itu akupun ditanya Portofolio, disitu aku cukup bingung karena aku tidak memiliki web khusus untuk portofolio melainkan hanya projek yang hanya ada di github. Untung saja user sempet ngepoin githubku dan beliau bertanya projek mana yang menurut aku paling baik diantara yang terbaik disana ? Akupun menjawab dengan tegas yang menyebutkan nama repository nya, kemudian user meminta untuk menjalankan projek tersebut. Karena tidak ada versi demo online nya, maka saya menjalankan yang localhost saja. 

Kemudian ada beberapa pertanyaan teknis lainnya, sampai saat dimana user bilang "Mungkin sudah cukup sampai disini pertemuan kita karena waktu saya tidak banyak, terimakasih" kemudian salam. Aku disitu merasa agak panik, apakah jawaban yang aku berikan tidak memuaskan bagi user ?

Aku mencoba untuk melupakannya dan move on, namun sampai suatu waktu aku diberi tahu akan ada pembahasan kontrak kerja. Aku disitu merasa senang dan takut juga, merasa belum siap tapi kalau tidak diambil kesempatan ini kapan lagi ya kan ? Pengalaman penting, uang bisa belakangan.

Sampai satu hari dimana aku melakukan pertemuan lagi dengan membahas kontrak kerja tersebut, saya merasa tidak ada yang aneh dengan kontrak kerja tersebut dan langsung aja aku menandatanganinya.

Mungkin sudah cukup cerita awal ku dalam mendapat pekerjaan sebagai Junior Backend Developer. Untuk kalian yang masih mencari kerja, saran dariku untuk memperbagus CV kalian dan tentunya jangan membuat CV yang sulit dibaca, aku sih biasanya membuat CV menggunakan template dari google docs aja biar praktis tapi efektif juga ternyata.

Terimakasih buat yang udah mau baca ceritaku ini. Tunggu cerita dariku selanjutnya ya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar C++ : Program Penghitungan Gaji Karyawan

Belajar C++ : Membuat Program Perhitungan 2 Bilangan

Belajar PHP : Membuat Kalkulator Sederhana